Teks Terjemahan Bahasa pada Video YouTube

Posted by Muhammad Munandar on Jumat, 25 Februari 2011

Berita baru yang menggemberikan bagi kita yang cupu dalam hal penguasaan bahasa. Google telah meluncurkan fitur baru pada youtube. Kita sering mendapat video/film dari youtube dimana isi video itu sangat kita butuhkan, Namun bagaimana bila bahasa yang dikeluarkan oleh video tersebut tidak kita mengerti? Sebagai contoh misal kita melihat film atau video yang berbahasa inggris atau bahasa bahasa lainnya, sedang kita taunya hanya bahasa indo, jawa madura ato lainnya (dasar SMP aza nggak lulus :D...kekkekkkk) maka tentunya kita akan susah untuk mencerna isi dari film atau video tsb. Untuk mengatasi itu youtube sekarang telah memperkaya fasilitasnya dengan fitur penerjemah bahasa bernama caption/subtitles.

Apa itu Caption dan Subtitles? Caption pada YouTube berguna untuk menampilkan teks dalam bahasa yang sama dengan video, sedangkan Subtitles berguna untuk menampilkan teks dalam bahasa yang berbeda dari yang ditampilkan di video. Nah, kendalanya terletak di sini. Kebanyakan pada fitur Subtitles tersebut hanya ada beberapa bahasa saja yang dapat ditampilkan, dan belum mencakup semua bahasa di dunia. Alhasil YouTube pun menggunakan layanan yang sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan, apa itu? Adalah Google Translate yang kini menjadi andalan YouTube untuk menerjemahkan beragam bahasa yang ditampilkan pada gudang video tersebut.

Untuk memulainya, anda bisa mencari video yang sudah ditambahkan dengan video yang bisa dialih bahasa dengan memilih video yang bertanda CC / Kotak merah, arahkan kursor ke ikon segitiga di pojok kanan bawah jendela video, lalu arahkan kursor ke tanda panah di sebelahnya (untuk memilih bahasa sesuai video yang dipilih) Di video itu, anda dapat memilih bahasa yang digunakan, meski bahasa yang dipakai masih tergolong kurang sempurna.


(Note : tanda CC / Kotak merah akan muncul setelah video dalam kondisi Play, jadi pastikan video On baru cari tanda di pojok kanan bawah tsb).. Lihat gambar di bawah ini :

Jadi untuk anda yang juga ingin mengerti sekaligus belajar bahasa asing, kayaknya fasilitas ini bisa dimanfaatkan dech dan jangan lupa berterima kasihlah kepada Google yang telah memberi banyak kepada kita baik yang berupa Penghasilan (Adsense) dan pengetahuan atau kecerdasan lainnya. Selamat mencoba aja yach!!!!!!