Heboh.. Gratis Domain Web.Id !!!

Posted by Muhammad Munandar on Sabtu, 26 Februari 2011

Jika Anda sudah punya weblog tetapi kurang puas dengan alamat URL yang panjang seperti “namaanda.blog.indosiar.com”, mungkin Anda memerlukan sebuah domain pribadi yang lebih pendek, misalnya namaanda.web.id. Dengan demikian alamat weblog bisa diset menjadi seperti budichang.web.id.

Mungkin di antara Anda, ada yang sudah tahu informasi tentang cara mendaftar domain gratis web.id. Bagi yang belum tahu dan tertarik untuk mencoba mendaftar domain web.id, silakan ikuti langkah-langkah dalam tulisan ini. Selamat berburu domain gratis.

A. MENDAFTAR DNS GRATIS
Sebelum mendaftar sebuah domain, Anda memerlukan sebuah DNS yang akan mengarahkan domain Anda ke weblog atau halaman Friendster Anda. Oleh karena itu, kita perlu mendaftarkan DNS untuk domain Anda. Ada banyak penyedia DNS gratis, salah satu yang dianjurkan adalah FreeDNS dari Afraid.Org. Mari kita lihat caranya:

1. Kunjungi website freedns.afraid.org.

2. Daftarkan diri Anda dengan memilih link Sign Up! yang terletak di bagian paling bawah.

3. Masukkan data Anda secara lengkap dan klik tombol [Send activation email]

4. Anda akan menerima email konfirmasi dari afraid.org berisi link untuk mengaktifkan account. Klik link tersebut. (pastikan browser Anda tidak memblok pop-up window).

5. Setelah aktif, Anda juga akan mendapat email berisi link untuk mengaktifkan password Anda. Klik link tersebut.

6. Jika muncul pesan "You may now login using your new password, and change it via the preferences section if you wish." berarti Anda bisa login sekarang. Klik now login.

7. Masukkan user ID dan password yang diberikan oleh afraid.org dan klik tombol [Login].

8. Pilih menu Domains. Sekarang daftarkan domain baru Anda dengan klik link Add a Domain.

9. Sebelum memasukkan nama domain, tersedia informasi berupa empat buah name server beserta IP address. Simpan data tersebut di notepad untuk pendaftaran domain Anda. Sekarang masukkan nama domain pilihan Anda, misalnya budichang.web.id. Pilih "Private" pada pilihan Shared State, jika Anda tidak mengingini orang lain membuat subdomain di bawah domain Anda. Klik tombol [Submit].

10. Kembali ke menu Domains, klik link Manage untuk mengatur setting agar dapat diarahkan ke weblog Anda.

11. Dari 6 subdomains yang ditampilkan, Anda hanya perlu mengatur dua di antaranya yaitu domain namaanda.web.id [URL] (urutan ke-1) dan www.namaanda.web.id [URL] (urutan ke-5).

12. Klik domain urutan ke-1 (namaanda.web.id - Not Yet Configured).

13. Klik link Forward to a URL.

14. Pada text box Redirect To, isikan dengan alamat weblog atau friendster Anda, misalnya http://budichang.blog.indosiar.com. Jangan lupa centang pilihan Cloak?, jika Anda ingin menyembunyi alamat blog yang asli di address bar browser. Isikan judul blog Anda di kotak Page Title dan klik tombol [Save].

15. Klik menu Domains lagi.

16. Klik domain urutan ke-5 ( www.namaanda.web.id - Not Yet Configured).

17. Klik link Forward to a URL

18. Ulangi seperti langkah no. 14.

19. Klik menu Logout jika sudah selesai. Jika Anda ingin login kembali ke Afraid.Org misalnya untuk menambah domain baru, Anda tidak perlu mencari link Login di dalam websitenya, karena memang tidak ada. Anda hanya perlu klik menu Domains untuk login.


B. MENDAFTAR DI WEBSITE DEPKOMINFO
Sedikit info buat Anda kenapa musti mendaftar di website DepKomInfo. Saat ini DepKomInfo (Departemen Komunikasi dan Informasi) ditunjuk untuk mengelola domain di Indonesia. Untuk sementara ini, pendaftaran domain bisa dilakukan secara gratis (belum tahu sampai kapan baru akan berbayar).

Khusus untuk mendaftar web.id, syaratnya cuma satu, yaitu Anda sudah punya KTP. Untuk itu, Anda perlu memindai (scan) KTP Anda dua sisi (bolak-balik) sebagai syarat pendaftaran. Sekarang mari kita mulai proses pendaftaran.

1. Kunjungi website Pendaftaran Domain dari DepKomInfo di register.net.id. Pilih menu Register.

2. Masukkan data Anda di dalam form yang tersedia. Untuk isian “Organisasi”, boleh diisi "Pribadi". Jika sudah selesai mengisi, klik tombol [Submit].

3. Apabila berhasil mendaftar, Anda akan melihat pesan "Sukses Membuat Account Registrant. Periksa Email Anda".

4. Sekarang buka email konfirmasi dari DepKomInfo. Klik link dalam email konfirmasi tersebut untuk mengaktifkan account Anda.

5. Jika muncul pesan "Sukses Mengaktifkan Account Registrant", berarti Anda berhasil mengaktifkan account Anda.

6. Klik menu Login dan masukkan data login yang diperlukan.

7. Pilih menu Domain Management, klik Register Domain.

8. Ketikkan nama domain pilihan Anda dan pilih domain .web.id dalam drop-down box. Klik tombol [Check] untuk memeriksa ketersediaan domain pilihan Anda.

9. Jika muncul pesan "namaanda.web.id is available" berarti domain Anda masih tersedia. Klik tombol [Register] untuk mendaftar.

10. Isikan data domain Anda dan masukkan Name Server dan IP Address seperti yang Anda dapatkan dari Afraid.Org. Klik tombol [Register] untuk menyimpan setting Anda.

11. Sekarang siapkan file KTP Anda untuk diupload. Bagi pemakai browser Internet Explorer, Anda dianjurkan memakai browser Mozilla Firefox karena program uploading ini didesain khusus untuk FireFox. Download di www.mozilla.org dan install di komputer Anda.

12. Pilih menu Document Management dan submenu Create Document diikuti dengan klik tombol [Create].

13. Klik tombol [Search] untuk memilih domain Anda. Pilih domain dengan klik tombol [Choose].

14. Pilih "KTP" untuk Jenis Dokumen, Nomor Resmi Dokumen diisi "KTP#" dan Jumlah Halaman diisi dengan "1". Klik tombol [Submit] selesai mengisi semua field tersebut.

15. Pilih Upload Document

16. Klik tombol [Search] untuk memilih dokumen Anda. Pilih dokumen dengan klik tombol [Choose].

17. Halaman Dokumen ke- diisi dengan "1", klik tombol [Browse...], pilih file KTP yang sudah discan dan tekan tombol [Open]. Setelah itu, klik tombol [Submit].


18. Untuk melihat kelengkapan dokumen Anda, pilih menu Search Document.

19. Periksa status dokumen Anda sehari sesudahnya. Jika status dokumen Anda adalah DOKUMEN DITERIMA, maka tugas Anda selesai.

20. Anda perlu menunggu paling lama 14 hari untuk mendapatkan approval dari DepKomInfo. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa Permohonan Pendaftaran Domain Anda Disetujui. Setelah itu, maka domain pribadi Anda langsung aktif dengan nama namaanda.web.id yang akan diredirect ke weblog secara langsung. Keren, kan?!!
Created by : Info-Onliners