Pemain-pemain De Jong Ingin Perkuat Timnas !

Posted by Muhammad Munandar on Selasa, 22 Maret 2011

Seluruh pemain De Jong Indonesia, yang berisikan pemain warga negara Belanda, menyatakan keinginannya untuk bermain di Indonesia dan membela tim nasional Indonesia.

Keinginan tersebut diungkapkan semua pemain De Jong Indonesia saat melakukan pertemuan dengan Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah, Velix Wanggai, di Kantor Menpora, Jakarta, Jumat 18 Maret 2011.

Ketika Staf Khusus Menpora Bidang Olahraga, Ivana Lie, bertanya kepada skuad De Jong Indonesia siapa dari mereka yang ingin bermain di Indonesia dan membela timnas Indonesia, semua pemain De Jong Indonesia langsung tunjuk tangan.

Ivana Lie sendiri mengaku pihaknya siap membantu para pemain De Jong Indonesia untuk bisa bermain di Indonesia. "Kalau bisa saya mendapatkan semua data diri dan kontak pemain. Siapa tahu ada klub yang berminat," ujar Ivana di sela-sela pertemuan.

Pelatih De Jong Indonesia, Johnny Taihattu, menegaskan pemain-pemain yang dibawanya ke Indonesia memang berambisi untuk meniti karir di Indonesia. Bahkan Johnny mengaku siap melatih di Indonesia jika ada kesempatan.

"Mereka memiliki teknik dan kemampuan untuk bermain di sini. Bahkan mungkin lebih baik dari pemain-pemain di sini. Itu bisa dilihat ketika kami mengalahkan Maluku All-Star (3-1)," ujar Johnny.

Sebelumnya Menpora, Andi Mallarangeng, menyambut positif kedatangan De Jong Indonesia. Andi mengaku siap membantu proses naturalisasi jika ada pemain di skuad De Jong Indonesia memenuhi syarat membela timnas Garuda.

"Sejauh ini belum ada naturalisasi lagi, tapi selalu terbuka. Tergantung kebutuhan, kalau diperlukan tim nasional, mengapa tidak. Tentunya kalau memenuhi syarat," pungkas Andi.

De Jong Indonesia sendiri adalah sekelompok pemain warga negara Belanda keturunan Indonesia yang mayoritas meniti karir di negeri kincir angin. Seluruh pemain De Jong Indonesia memiliki darah Ambon. Sebelumnya De Jong Indonesia melakukan pertandingan eksebisi melawan Maluku All-Star, 15 Maret 2011, dan meraih kemenangan 3-1.

Pagi tadi, De Jong Indonesia, sempat melakukan pertandingan futsal dengan tim futsal Ragunan, dan meraih kemenangan 7-5. Pertandingan tersebut disaksikan langsung oleh Menpora Andi Mallarangeng, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo dan Velix Wanggai.

Skuad De Jong Indonesia

Steven Steegh (Borussia Mochengladbach)
Jemayel Maruanaja (Fortuna Sittard)
Tjemu Kunu (MVV)
Joas Siahaija (MVV)
Yoram Pesulima (Vitesse Arnhem)
Gino Taihattu (Fortuna Sittard)
David Magee (FU Utrecht)
Jocky Hooijmans (FC Den Bosch)
Nijgel Senen (RKC)
Geronimo Hattu (VVV Venlo)
Stiva Taihattu (FC Den Bosch)
Randy Thenu (FC Don Bosch)
Benji Nunumete (VVV Venlo)
Mahiri Sabandar (NEC Nijmegen)
Sagal Hertog (Top Oss FC)
Martinus Titaley (Fortuna Sittard)
Micky Munz (PSV Eindhoven)
Michel van Venn (Fortuna Sittard/KRG Genk)
Allesio Fransiscus (Fortuna Sittard)
Timmy Hattu (VVV Venlo)
Didi Taihatu (Fortuna Sittard)
Max Hattu (Konselor)
Johnny Taihatu (Pelatih)
Piet Fransiscus (Pelatih)
Pascal Kunk (Pelatih)
Maruanaja Welem (Pelatih)
Sam Formes (Juru Bicara)