Helicoprion : Makhluk Prasejarah Unik

Posted by Muhammad Munandar on Rabu, 02 Maret 2011

Helicoprion masih kerabat dekat dari hiu, salah satu hewan yang mampu bertahan hidup hingga saat ini. Helicoprion diperkirakan bertahan hidup hingga awal era Triassic sekitar 225 juta tahun yang lalu, sampai akhirnya punah.


Ahli purbakala memperkirakan bahwa helicoprion merupakan salah satu hiu prasejarah yang memiliki struktur rahang yang unik. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 15 kaki, bisa dibayangkan jika hewan ini masih berkeliaran di laut di era modern ini.

Helicoprion Bessenovi

Jika kita lihat gambar dari Helicoprion, susunan giginya tampak berbeda dengan hiu pada umumnya,namun helicoprion memiliki kesamaan dengan kerabat dekatnya itu. Gigi - giginya juga akan tanggal dan akan digantikan dengan gigi yang baru. Gigi yang menyerupai seperti gergaji ini sangat tajam dan digunakan untuk membunuh mangsanya dengan mudah.


Para ahli beranggapan bahwa gigi - gigi yang terbentuk di rahang bawahnya bisa menghambat pergerakan dari hewan ini sendiri, karena jika hewan ini berenang dengan kecepatan tinggi, maka akan mempengaruhi keseimbangannya. Karena itu, para ahli menganggap bahwa helicoprion memangsa hewan - hewan kecil dan lunak. Beberapa ahli purbakala bahkan mengatakan jika makanan utama hewan ini adalah ammonites, sejenis kerang purbakala.






Meskipun gambar rekonstruksinya telah dirilis, tetapi saya merasa ada yang janggal dengan hewan ini. Jika kita lihat fosil yang ditemukan, tampak hanya bagian yang disinyalir rahang bawah helicoprion. Yang membuat heran, bagaimana para ahli purbakala itu merekonstruksi bentuk hewan ini hanya dengan penemuan satu fosil itu saja.(http://vahn-saryu1.blogspot.com/2010/07/helicoprion-makhluk-prasejarah-yang.html)

Rekonstruksi Fosil menurut forgetomori

Created by : Info-Onliners