Belajar Ngeblog : Cara Membuat Blog di WordPress.com

Posted by Muhammad Munandar on Sabtu, 19 Maret 2011

cara membuat blog wordpress, cara membuat blog, membuat blog wordpressSetelah pada artikel2 belajar ngeblog sebelumnya saya banyak membuat tutorial cara membuat blog berplatform blogspot, mulai saat ini, saya juga akan membuat beberapa tutorial untuk blog berplatform wordpress.  WordPress adalah salah satu blog platform yang banyak digunakan saat ini, WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal pluggins. Mungkin ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat blog WordPress banyak disukai oleh para blogger. Apa sebenarnya perbedaan antara WordPress dan Blogspot, dimana letak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya mari kita coba membuat blog di WordPress.

Cara Membuat Blog WordPress

Untuk mulai membuat blog di WordPress pertama kita harus membuat account di WordPress. Isikanlah data-data yang diminta pada form pendaftaran. Yang perlu diingat adalah alamat Email harus valid, karena melalui alamat email inilah password kita akan diberikan. Pilihan Gimme a Blog maksudnya adalah : jika kita memilih ini maka nama user yang kita gunakan akan menjadi bagian alamat URL blog kita nantinya.
Contoh jika nama user yang dimasukkan adalah namaku maka alamat URL kita nantinya menjadi namaku.wordpress.com. Jika kita memilih Just a username, please maksudnya : kita bisa mengkonfigurasi alamat URL blog secara manual nantinya.
Penting : WordPress tidak seperti Blogspot yang memberikan kesempatan bagi kita untuk mengubah alamat URL blog, sekali alamat tersebut dibuat maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Karena itu pikirkanlah baik-baik dalam menentukan alamat URL ini.
Tips : carilah alamat URL blog yang mudah diingat dan sesuai dengan topik dari blog. Klik tombol Next >> jika sudah menetapkan pilihan.


Setelah kita mengklik tombol Next >> WordPress akan mengirimkan nama user dan password untuk login ke email yang kita inputkan sebelumnya. Bukalah email tersebut dan cari yang nama pengirimnya WordPress.com, jika belum ada email tersebut tunggu beberapa saat.
Sambil menunggu kita bisa memasukkan data diri pada form yang ditampilkan selanjutnya, klik tombol Save Profile jika sudah selesai.
Sekarang cek lagi email anda, biasanya email yang dikirim WordPress sudah sampai. Buka dan klik pada link yang diberikan untuk mengaktifkan account yang baru saja dibuat. Maka akan mucul tampilan yang berisi pemberitahuan bahwa account kita sudah diaktifkan.
Sekarang kita sudah bisa login menggunakan nama user dan password yang diberikan. Masukkan nama user dan password, klik tombol Login. Selanjutnya kita akan dibawa menuju halaman depan dari WordPress.
Untuk masuk ke Dashboard carilah menu dropdown yang bertuliskan My Account. Lalu pilih Global Dashboard. Dashboard merupakan panel utama kita untuk mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan blog.

Sekarang kita bisa mulai mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan Blog melalui layar Dasboard ini. Dari sisi tampilan ternyata WordPress memang lebih menyenangkan dan nyaman untuk dilihat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang membuat WordPress disukai.

Sumber :Belajar Ngeblog