Wow! Dalam Sehari SMK Bisa Rakit 5 Mesin Mobil

Posted by Edwin Y on Minggu, 15 Januari 2012

Wow! Dalam Sehari SMK Bisa Rakit 5 Mesin Mobil- Nah, pada kesempatan kali blog info onliners akan sedikit memberikan informasi seputar Wow! Dalam Sehari SMK Bisa Rakit 5 Mesin Mobil, Yuks kita liat info onlinersNya!!! Baca [...]


Baca : Inilah Mitos Yang Membuat Orang Takut Menikah, Bintang-Bintang Video Bokep Yang Tobat



Jakarta - Meski masih diproduksi dengan tangan, kecepatan produksi mesin Esemka cukup mengagumkan. Dalam sehari sekitar 5 mesin mobil itu bisa diproduksi!

Mesin mobil Esemka dirakit oleh siswa Sekolah menengah Kejuruan (SMK) 4 Jakarta. 5 mesin itu bisa dikerjakan dalam satu hari hanya dengan 15 siswa saja.

"SMK 4 Negeri Jakarta memang merakit langsung mesinnya, dimana komponen yang terurai dibuat menjadi 1 unit mesin. Merakit satu unit mesin kalau 3 siswa 1 hari. Dan ini kita kan pararel, misalnya hari ini ada 15 siswa yang piket. Para siswa ini bisa merakit 5 unit mesin dalam satu hari," kata Guru Elektronik dan Industri SMKN 4 Jakarta Agus Martoyo saat dihubungi detikOto, Jumat(13/1/2012).

Agus pun menambahkan untuk mewujudkan Esemka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat Direktorat Pembinaan SMK menunjuk 22 sekolah, dimana 4 SMK ditunjuk untuk menjadi base perakitan mesin. Seperti SMKN 4 Jakarta, SMKN 1 Bekasi, SMKN 1 Malang, SMK Warga Solo.

"Kalau mau meningkatkan jumlah hasil rakitan mesin lagi tinggal menambahkan SDM nya saja. Meski pabrikan mesin sebenarnya (APM) itu minimal 50 unit sehari. Karena biasanya kan ini sistem conveyer dan berdasarkan durasi waktunya agar sesuai dengan targetnya," ujar Agus.

Tidak berhenti sampai disitu para siswa SMKN 4 Jakarta tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam pembelajaran merakit mesin.

"Untuk merakit sebuah mesin itu, sekolah tidak ada hambatan karena komponennya sudah lengkap. artinya kami juga merakitnya sesuai standart SOP dan prosedurnya, karena ini akan dipakai. Dan mesin ini akan dites dan semuanya dengan QC (quality control) yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. dan laik jalan," .

Nah itulah beberapa informasi tentang Wow! Dalam Sehari SMK Bisa Rakit 5 Mesin Mobil Semoga menambah wawasan informasi tersebut buat anda yang membacanya. Well, jangan lupa selalu mengunjungi blog Info Onliners. Okey.