Inilah Penyebab Aki Mobil Sering Mati

Posted by ghgh on Selasa, 26 November 2013

Penyebab Aki Mobil Sering Mati, Aki merupakan alat yang dibutuhkan sebagai sumber energi listrik maupun perangkat elektronik lainnya yang ada di Mobil. Pastilah sangat menjengkelkan jika mesin mobil sahabat otomania tidak bisa di-start atau komponen lain di mobil tidak dapat berfungsi dengan baik karena masalah pada aki.



Jika aki mobil sahabat otomania mati, maka hal yang harus dilakukan adalah mengisi tegangan listrik ke aki mobil sahabat otomanis. Ada beberapa cara dalam mengisi tegangan listrik aki mobil, diantaranya adalah dengan melakukan ‘jump start’ atau menghubungkin aki sahabat otomania dengan aki mobil yang lain. Selain itu, sahabat otomania juga dapat men-charger aki dengan charger portable yang mudah untuk didapatkan di toko-toko perlengkapan otomotif.

Dikesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang umum menyebabkan matinya aki mobil sahabat otomania.

Mengemudi dengan jarak pendek
Seringnya mengemudi mobil dengan jarak yang pendek/dekat atau kurang dari 20 menit dapat berdampak pada alternator tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengisi ulang listrik ke aki secara penuh. Dampaknya, aki sahabat otomania akan berpotensi terkuras dengan sendirinya dan usia pemakain pun akan semakin singkat, yaitu antara tiga sampai lima tahun.

Suhu yang ekstrim

Perlu sahabat otomania ketahui bahwa energi kimia pada aki mobil akan diubah menjadi sebuah energi listrik dengan melalui reaksi kimia. Suhu yang terlalu dingin atau panas akan sangat berpengaruh pada kelancaran reaksi kimi pada aki. Suhu di bawah titik beku akan menyebabkan aki mobil mati dan perlu di-charge kembali dan suhu yang terlalu panas juga dapat membuat aki menjadi kering (mati).

Korosi atau karat
Koroasi atau karat adalah musuh utama bagi aki. Korosi pada aki mobil dapat membuat kinerja aki mobil sahabat otomania menurun secara tajam.

Usia aki

Sahabat otomania dapat meggunakan alat pembersih khusus pada terminal aki atau juga dengan menggunakan spray khusus yang telah dirancang untuk membersihkan aki mobil. Namun, sebaik apapun perawatan yang sahabat otomania lakukan, aki mobil tetap harus diganti jika telah mencapai batas usia normal.

Well, itulah informasi seputar Penyebab Aki Mobil Sering Mati dari Info Onliners. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda yang sedang mencarinya.